Minggu, 25 Januari 2009

GURU BK HARUS KREATIF

Selama ini guru Bimbingan Konseling (BK) kurang memahami keinginan dan kebutuhan siswa dewasa ini, namun mainset anak terhadap Guru BK adalah Polisi sekolah yang kerjanya, mencari kesalahan, contoh : yang tidak mengikuti peraturan dapat teguran hingga surat skors, dan banyak lagi. Padahal anak ingin cerita, ingin mengetahui, masa produktif itu perlu pengetahuan yang sempurna karena dalam lingkaran struktur perkembangan anak ada 3 lingkungan yang menjadikan pribadi anak.
• Lingkungan yang pertama adalah keluarga, tetapi jika keluarga itu tidak mengetahui keinginan dan kebutuhan anak atau memahami model / pribadi anak, anak akan menjauh dari orang tua dan anak akan melangkah ke lingkungan .
• Lingkungan sekolah, disini seharusnya menjadi rumah kedua anak untuk mencurahkan hatinya dan keluh kesahnya, apa masalah pribadi atau lingkungan ( pacaran, teman, keluarga, masyrakat) seharusnya antara anak dan sekolah, apalagi guru BK membuka layanan konseling yang membuat anak bisa mengeti dan memahami kebutuhan pribadinya, tidak menjadi anak menjauh dari Guru BK karena dalam pikiran mereka BK adalah polisi sekolah. Jika permasalahan di 2 lingkungan tidak terselesaikan maka dia akan lari ke lingkunagn yang ketinga.
• Lingkungan masyarakat / social, disini anak bisa saja masuk kedunia yang baik Poaitif dan bisa saja anak terjerumus ke hal yang tidak positif, dan ini yang menimbulkan anak menjadi semakin terpuruk dan akan menjauh dari keluarga dan lingkungan sekolah karena dia tidak percaya, karena kurangnya perhatian dari keluarga dan sekolah. Mereka akan lari ke teman mereka yang lebih memahami karekter dia.

Hal ini yang salah kaprah, memang Guru Bk disekolah jamnya sedikit, artinya didalam pembelajaran didalam kelas. Ada juga sekolah yang mentiadakan Pelajaran kepribadian, podahal guru BK bisa mengisi dikelas dengan kebutuhan anak

- Tentang kesehatan Reproduksi
- Pacaran yang baik
- Memecahkan masalah yang sering timbul dalam remaja
- Menjadi sahabat yang baik
- Bagaiman menerapkan management pembelajaran yang membuat anak menyukai pelajaran tersebut
- Sebagai motivator
- Dan masih banyak lagi

Yang harus dibenahi Guru Bk :
- kurangnya pengetahuan terhadap anak
- kurang menguasai pendidikan Kesehatan
- kurang memahai karakter anak
- butuh modal dasar untuk menjadi motivator anak
- perlu menerapkan sisi psikologi lebih banyak agar mengerti (Verbal atau Non verbal)
- managemen yang baik perlu dibangun
- budayakan sebagai sahabat yang baik
- komunikasi aktif

1 komentar:

  1. lho lah nang, blog-mu kok lama ga di up date pye tho...???
    aku durung membacanya, tapi kan ben asyik klo da kommen-e...

    BalasHapus