Rabu, 21 Januari 2009

Psikologi

Psikologi berasal dari bahasa yunani, perkataan psyche yang di artikan jiwa dan perkataan logos yang berarti ilmu atau ilmu pengetahuan. Karena itu perkataan psikologi sering diartikan atau diterjemahkan dengan ilmu pengetahuan tentang jiwa atau disingkat dengan ilmu jiwa.


Ruang Lingkup Psikologi

Psikologi dilihat dari segi objeknya, psikologi dapat dibedakan dalam dua golongan yang besar yaitu :

a. Psikologi yang meneliti dan mempelajarai manusi

b. Psikologi yang meneliti dan mempelajari hewan, yang umumnya lebih tegas disebut

psikologi hewan


Psikologi Umum adalah psikologi meneliti dan mempelajari kegiatan-kegiatan atau aktivitas –aktivitas psikis ,manusia yang tercermin dalam perilaku pada umumnya, yang dewasa, yang normal dan yang berkultur (dalam arti tidak teriolasi).

Psikolog Khusus adalah psikologi yang meneliti dan mempelajari segi-segi ke khususan dari aktivitas psikis manusia.

Psikologis khusus diantanranya :

  1. Psikologi perkembangan, yaitu psikologi yang membicarakan perkemvangan psikis manusia dari masa bayi sampao tua, yang mencakup :

· Psikologi anak (mencakup masa bayi)

· Psikologi remaja

· Psikologi orang dewasa

· Psikologi orang tua

  1. Psikologi social, yaitu psikologi yang khusus membicarakan tentang perilaku atau aktivitas-aktivitas manusia dalam berhubungannya dengan situasi social.
  2. Psikologi pendidikan, yaitu psikologi yang khusus menguraikan kegiatan-kegiatan atau aktivitas – aktivitas manusia dalam hubungannya dengan situasi pendidikan, misalnya bagaimana cara menarik perhatian agar pelajaran dapat dengan mudah diterima, bagaimana cara belajar yang baik dan mudah dimngerti dalam penerapannya.
  3. Psikologi kepribadian, yaitu psikologi yang khusus menguraikan tentang pribadi manusia, beserta tipe - tipe kepribadian manusia
  4. Psikopatologi, yaitu psikologi yang khusus menguraikan mengenai keadaan psikis yang tidak normal (abnormal)
  5. Psikologi criminal, yaitu psikologi yang khusus berhubungan dengan soal kejahatan atau criminal
  6. Psikologi perusahaan (Industri), yaitu psikologi yang berhubungan dengan soal-soal perusahaan, misalnya perekrutan karyawan, penilaian karyawan, dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar