Minggu, 25 Januari 2009

MERAWAT ORGAN KELAMIN

Organ kelamin merupakan organ yang sangat penting bagi setiap individu. Organ ini sangatlah rentan terhadap berbagai perubahan jadi perlu tetap dijaga kesehatannya.

Beberapa tips berikut dapat digunakan sebagai pedoman menjaga organ kelamin kita.

1. Bersihkan organ kelamin tiap hari dengan air bersih. Untuk para laki-laki terutama yang tidak disunat bersihkan bagian dalam penutup kepala penis.

2. Sedangkan para wanita perlu membersihkan organ kelamin tiap hari dengan air bersih. Saat datang bulan terutama saat masa-masa “banyak“, bersihkanlah dan gantilah lebih sering untuk mencegah tumbuhnya bakteri pada pembalut yang digunakan.

3. Usahakan mencukur pendek rambut kemaluan secara berkala. Jangan biarkan rambut kemaluan kalian tetap panjang/berjuntai-juntai karena merupakan habitat bagi bakteri.

4. Gantilah celana dalam minimal dua kali sehari. Celana dalam sangat riskan menjadi habitat bakteri yang tak berguna apabila dalam kondisi kotor ataupun lembab akibat keringat.

5. Hindari penggunaan celana ketat ataupun menempelkan sesuatu yang hangat/panas (contoh: laptop) diatas paha ataupun pada kelamin anda. Hal ini berpengaruh pada sistem produksi sel-sel kelamin kalian (Bisa mandul lho). Tetap berhati-hati yach

Hindarkan organ kelamin dari paparan cairan berbahaya ataupun gelombang elektromagnet kuat (contoh sinar X).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar